Rapat Koordinasi Sistem Simpul Jaringan Daerah 13 November 2017
Rapat Koordinasi Simpul Jaringan Daerah Provinsi Sulawesi Utara

By Admin Balitbangda Sulut 29 Nov 2017, 16:24:14 WIBInstansi

Rapat Koordinasi Sistem Simpul Jaringan Daerah 13 November 2017

Keterangan Gambar :


Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi produk unggulan daerah yang berasal dari Beberapa Sektor, antara lain: sektor perikanan, perkebunan, pertanian, pariwisata,hasil industri maupun bidang lainnya yang dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Produk unggulan adalah produk yang potensial untuk dikembangkan di suatu daerah dengan memanfaatkan sumberdaya setempat, serta mendatangkan pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah. Produk unggulan juga merupakan produk yang memiliki daya saing, berorientasi pasar dan ramah lingkungan, sehingga tercipta keunggulan kompetitif yang siap menghadapi persaingan global.

Produk unggulan apapun yang ada tentunya diperlukan pengelolaan dan pengembangan serta pemasaran yang sinergis agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan klasik selama ini lemahnya regulasi dan kebijakan dalam pengelolaan produk unggulan. Untuk itu perlu adanya kolaborasi yang mengikat dalam pengelolaan produk unggulan untuk menjadi daya saing daerah berupa simpul jaringan. Sehubungan dengan hal tersebut maka Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara bersama TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Sistem Simpul Jaringan Daerah  melalui program kemitraan yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2017 bertempat di Hotel Ibis Manado. Rapat dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. John H Palandung M.Si mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Nara sumber kegiatan ini adalah Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Prov. Sulut. Dra. Lynda Wantania ,M.M. ,M.Si. , Ketua Tim Penggerak PKK Sulut di wakili Ketua Pokja II Dr. Ir. Ny. Mareyke Toreh Moningka ,MS. , Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Sulut diwakili Kepala Bidang SDM dan Restrukturisasi Usaha Ir. Victory A. I. Palar ,M.Si dan Kepala BALITBANGDA Prov. Sulut. dr. Jemmy Lampus ,M.Kes. .

Lewat acara ini diharapkan terciptanya sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah daerah, masyarakat, dunia kampus, stakeholder pembangunan daerah seperti perbankan, media, kelompok masyarakat/komunitas masyarakat  yang diorganisir menjadi satu oleh pemerintah daerah untuk mengangkat produk unggulan daerah guna menciptakan  inovasi daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment